Menuju Masa Depan Yang Hemat Energi Dengan Lampu LED

Pada zaman modern ini pasti sudah mengenal Lampu neon kan...? Pasti tau kan bentuknya, tetapi kalau lampu LED...?

LED...? ada yang tidak mengenal LED...?
LED sendiri memiliki berbagai ukuran dan jenis, led yang paling kecil berukuran 0.1Cm berjenis 0402, hingga yang berjenis PLCC yang berukuran 0.4 Cm,namun LED yang paling banyak di jual besarnya se-biji jagung dan tersedia berbagai varian warna.
Sebelum membahas Lampu LED mari kita mengenal singkat tentang LED. LED sendiri merupakan singkatan dari Light Emitting Diode bentuk LED sendiri tersusun atas beberapa bagian Epoxy Lens/Case,Wire Bond,Reflectiv Cavity, Semi Conductor die,anvil/post, flat spot, anode dan katode, namun LED yang sering digunakan pada lampu LED adalah jenis LED PLC yang tersusun dari lens,led chip,silicon submount,thermal heatsink,bond wire dan outer packge.

LED pada zaman sekarang ini telah banyak digunakan sebagai pengganti pencahayaan pada backlight handphone,LED TV,LED Monitor ataupun sebagai pengganti pijar pada lampu senter.

LED diklaim lebih hemat ketimbang dengan PIJAR, Lalu lebih hemat mana CFL dengan Lampu LED...?
LED dengan 9Watt setara dengan CFL 23 Watt
Saat pertama start CFL membutuhkan daya sebesar 70 Watt sedangkan Lampu LED saat start mengkonsumsi 1/2 X daya normal sesuai kapasitas lampu tersebut.

Mari kita bahas Lampu LEDnya.
Sebanarnya Lampu LED telah ada pada tahun 2010 namun lampu LED tersebut masih dalam pengembangan dan hingga saatnya di tunggu pada tahun ini lampu LED telah menjadi lampu LED yang siap di perjual belikan oleh produsen-produsen lampu di indonesia.
Lampu LED sendiri telah banyak digunakan sebagai pengganti lampu CFL. Lampu LED mempunyai rentang waktu life time hingga 10.00-15.000 H bahkan ada yang lebih dari 34.000 H, sedangkan lampu CFL rentang waktunya hanya 5.000-8.000 H atau LED mempunyai umur hidup lampu yang lebih lama antara 10-15 Tahun hingga 34 Tahun dengan waktu hidup 4 - 5 jam perharinya.

Lampu LED bertahan hingga bertahun-tahun, tidak percaya..? lampu LED indicator laptop/pc/modem anda sudah berusia berapa tahun..? pasti sudah lama kan...?

Hingga saat ini yang tersedia di pasaran indonesia berupa LED dengan warna Daylight,White,Warm, dengan pilihan tegangan (~220V),(24V),(12V) penggunaan di bawah (~220V) harus menggunakan Balast/trafo,Daya yang tersedia di pasaran mulai dari 1 Watt-14 Watt,Fitting yang di gunakan Lampu LED ini merupakan fitting lampu standart (E27) sehingga jika anda ingin upgrade menjadi lampu LED tidak usah mengganti downlight/fitting itu sendiri.
Harga yang sekarang ada di pasaran antara 25 Ribu-ratusan ribu tergantung dari kapasitas dan produsen lampu itu sendiri.

Lampu LED sendiri hanya terdiri Pembuang panas (heat Shink) 70-110`C , PCB (mainboard AC to DC) dan puluhan hingga ratusan LED yang tersusun membulat mengelilingi lampu itu sendiri lalu ditutup dengan filter cahaya yang membuat cahaya yang dikeluarkan LED lebih natural & nyaman saat terkena mata.




-Berikut Kelebihan yang dimiliki Lampu LED
  • Life time up to 10.000 - 34.000. *(10-34 Tahun)
  • Rendah nilai Power Factornya
  • Cahaya yang dikeluarkan real/asli
  • Hemat Energi up to 90%
  • Hasil panas yang dikeluarkan hanya 3 - 5%
  • Cahaya yang dihasilkan lebih nyaman di mata
  • Bentuk yang lebih elegant
  • Compact size
  • Cahaya yang dipancarkan tidak menghasilkan panas
  • Konsumsi listrik start pertama sangat rendah
  • Re-cycle Produk

    Lampu LED mengkonsumsi daya yang sangat rendah coba bandingkan 1 lampu LED dengan lampu CFL

    1 Lampu LED 9 Watt = 23 Watt Lampu CFL
    Bandingkan jika dalam 1 rumah ada 15 lampu yang menyala, maka

    15 Lampu LED x 9 Watt = 135 Watt
    15 Lampu CFL x 23 Watt = 345 Watt

    Berarti konsumsi daya lampu LED dapat dipangkas sebanyak 210 Watt, bandingkan jika satu rumah menghemat 210 watt di kali 15 juta rumah penduduk di kota besar berarti penghematan sebesar 3.150.000.000 Watt atau 3150 MW dalam waktu semalam, artinya kita secara tidak langsung membantu pemerintah menghemat pemakaian listrik dan melaksanakan GO GREEN di Indonesia, Go GREEN ...? Apa hubungannya go green dengan lampu...? Ke-istimewaan lampu LED ternyata bisa di Re-cycle (diolah kembali) jadi Lampu yang sudah rusak akan dihancurkan lalu diproses menjadi lampu LED kembali.

    Efek paling nyata dari penggantian lampu CFL dengan LED adalah Monumen Nasioal Monas Jakarta, pembayaran listrik Monumen Monas saat masih memakai lampu Konvensional adalah  ±200juta dalam satu bulan,namun setelah di gnti dengan lampu LED oleh pihak Philips pembayaran listrik dapat dipangkas hampir 100%, hasil penggantian LED pembayaran listrik Monumen Nasional Jakarta ±20juta dalam satu bulan.

    LED sangat tepat di aplikasikan di dalam rumah sebagai penerangan interior,exterior, maupun sebagai penerangan di depan rumah, pemasangan LED tidak boleh di tempatkan pada downlight yang tertutup kaca karena LED menghasilkan udara panas , oleh sebab itu LED yang dipasang pada downlight harus mempunyai sirkulasi udara.
    Lampu yang mempunyai Heatshink yang terbuat dari besi akan lebih baik, karena panas yang di hasilkan dari LED itu akan mudah terbuang ke udara sehingga akan memperpanjang usia LED tersebut.



    Comments

    1. Sudah beberapa kali kepikiran ganti dengan lampu LED ini, tapi belum yakin dengan manfaatnya. Kuatir sudah mahal2 beli tapi tidak seperti yang diharapkan.

      Membaca artikel Devon ini, jadi jelas seperti apa dan bagaimana lampu LED ini. Bisa dimulai untuk mengganti lampu rumah dengan lampu LED.
      Makasih buat tulisan ini, ya nak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ganti aja nanti kan bakal balik uangnya, soalnya lampu ini kalo dilihat dari segi awet , lebih awet hingga bertahun-tahun

        Terima kasih sudah berkunjung

        Delete
    2. untuk beli led 0,1 cm 0402 itu dimana ya ? terimakasih

      ReplyDelete
    3. Untuk lampu led philips yang 10 w harganya berapa gan.. n belinya dimana..??

      ReplyDelete
      Replies
      1. Harganya dikisaran Rp,85.000, untuk penjualannya biasanya ditoko listrik yang memiliki atribut lampu philips di tokonya.

        Delete
    4. race tech titanium - ITanium-ART
      Tienen carlos de jogados carlos, menos de carlo en cuentina en titanium wedding bands pautos, ford escape titanium con titanium hair clipper la carlo, donde carlo en jugados, y acho que trilas titanium hair trimmer de carlo, a apple watch series 6 titanium la mezcanto carlo.

      ReplyDelete

    Post a Comment

    Popular posts from this blog

    Cara Meningkatkan Kinerja Ion Plasmacluster

    Bener Gak Sih AC Buatan China Itu Gak Awet...?

    Mau Beli AC Dengan Harga Murah Tapi Kualitas Top...?, Banyak!!