Amankah Instalasi Listrik Di Rumah Anda...?

Hampir setiap rumah mengkonsumsi listrik yang lumayan besar, apalasi rumah yang meiliki Pendingin ruangan. Namun tidak di barengi dengan perawatan rutin. Perawatan rutin memang sangan di butuhkan. Setidak nya minimal dalam satu tahun 1X cek. Untuk rumah yang sudah memakai 3 phase untuk pengecekan nya 
Lakukan pengecakan pada panel listrik setiap 3 bulan sekali untuk mencegah ada nya overload dalam panel tsb

Untuk rumah instalsi yang standart harus menggunakan kabel berukuran minimal 2,5mm NYA dan hanya dapat di aliri arus listrik 10A, Untuk pemasangan MCB sebaik nya setiap ruang di beri satu untuk menjegah terjadi konsleting, kelebihan beban sebelum memasang tentukan kapasitas nya!, Sehingga jika ruang itu konslet maka ruang lain tetap menyala lilstriknya, Untuk pemilihan MCB sebaik nya memilih MCB, Merlin Gerin, scehenaider electric, hager, abb, bbc tetapi hampir semua mcb sama kualitas nya yang terpenting MCB itu harus memiliki label SNI, LMK,!!!

Hitung perabotan yang menggunakan listrik sebelum memasang MCB!!!
untuk mencegah kelibihan daya pada MCB pusat(di kwh meter) sebaik nya setiap ruang memiliki kapasitas MCB yang lebih kecil dari MCB yang di meteran. Contoh Daya Terpasang 4.400Va sebaik nya untuk ruang yang memang tidak membutuhkan banyak listrik cukup di pasang 4A atau 900VA, jika di rumah  menggunakan pendingin ruangan (AC) sebaik nya jaringan listrik di pisahkan dari jaringan ruangan tsb, Untuk mencegah si Ac tersebut kelebihan Daya.

perhitungan cepat kabel utama
Untuk penggunanaan kabel utama( ke kwh Meter)
450Va-900Va = 3x4mm (NYM)
1300Va-3.300Va= 4x6mm (NYY)
1 Phase 4.400-6.600= 4x16mm (NYY)
3 Phase 4.400-6.600= 4x20mm (NYY)
Diatas 6.6000-18.000= 4x24mm (NYY) (sesuai kebutuhan)

Untuk Proteksi Lebih sebaik nya gunaka Arrester & ELCB,
Untuk harga sebuah arrester memang sangat mahal tetapi sebanding dengan proteksi yang kita dapatkan, arrester berfungsi jika ada sambaran petir secara otomatis arus listrik tersebut mengalir ke tanah sehingga mengurangi barang rusak yang di sebabkan kelebihan voltage yang berlebihan biasanya untuk pemasngannya lubang bawah di isi arus listrik kemudian lubang atas dihubungkan ke tanah/Earth
Untuk harga sebuah ELCB memang tergantung, mulai dari harga 45.000 hingga ratusan ribu, Elcb mempunyai 2 Fungsi yaitu 1.elcb mempunyai proteksi terhadap arus listrik yang bocor/ adanya proteksi jika ada salah satu kabel yang menyentuh tanah, 2.Elcb mempunyai proteksi jika kita tersetrum dan secara spontan elcb menurunkan tuas sehingga tidak ada arus listrik yang mengalir sehingga mengurangi resiko tersetrum, Elcb merlin gerin mempuyai kesensitifan 0.00000002% Artinya jika ada perbedaan arus dari salah satu kabel maka tuas elcb akan turun. Untuk penggunaan wajib pasang Elcb anatar lain, mesin cuci, water heater, kulkas, stop kontak, dan benda-benda yang sering kita pakai.

Untuk instalasi standart gunakan kabel Gound/Arde pada setiap stop kontak nya, biasanya ground di tanam di dalm tanah dengan pipa BC , dan kabel minimal 4mm untuk insatalasi di bawah 2200 kedalaman nya minimal 3 meter/lebih, Ground hampir sama seperti fungsi elcb tetapi kalau ground hanya proteksi arus bocor jadi jika anda menggunakan prabayar hal ini sangat merugikan karena arus bocor ini tetap di hitung sebagai arus terpakai, tetapi kalau elcb memiliki proteksi pemutusan arus listrik jika ada arus bocor,

Untuk stop kontak, saklar, hingga fitting lampu harus memiliki labe SNI untuk menjamin keamanan , sekarang banyak stop kontak murah yang tidak memiliki label SNI alhasil setelah di pasang plastik putih saklar tersebut mengeluarkan arus listrik, di karenakan plastik tersebut tidak memiliki ketebalan minimum sehingga saklar tersebut hanya memiliki tebal yang sangat minim

Mengapa harus memilih aksesoris berlabel SNI, LMK, SPLN???
Karena lembaga itulah yang menjamin bahwa produk tersebut memiliki keamanan yang standar, dan terhindar dari konsleting,

Apakah label SNI, LMK, SPLN menjamin bahwa tidak terjai konslet???
Selain berlabel SNI, LMK, SPLN kabel menjadi salah satu faktor yang tak boleh dilewatkan karena konslet itu berawal dari kabel yang tidak standar dan alhasil kabel menimbulkan panas yang berlebihan.

Apakah Hanya Kabel dan Label SNI, LMK, SPLN saja yang perlu di perhatikan???
Sambungan dan kondisi juga perlu , sebaik nya yang menggunakan kabel tunggal (NYA) ditunjang dengan penggunaan pipa dan T-dos untuk penyambungan nya.

Apakah boleh kita menggunakan Solasi yang tidak di peruntukan untuk listrik???
Tidak Boleh!!! karena listrik itu bersifat panas, jika kita menggunakan solasi selain untuk listrik bisa di pastikan jika arus itu di atas 7A maka solasi itu akan leleh, gunakan solasi yang di peruntukan untuk listrik.

Untuk penggunaan listrik di atas 30A sebaik nya jangan ada sambungan instalasi sebaiknya ukur dan paskan di box MCB sehingga tidak ada sambungan listrik untuk mencegah adanya ledakan pada sambungan tersebut.


No Whatsapp 0812-1785-7718 
bagi yang mau tanya tanya atau konsultasi silahkan tidak dipungut biaya apapun :))
 

Comments

  1. Wuih.. si devon udah cakap menganalisa instalasi listrik.. :)
    walau masih ada sedikit yang belum jelas dan keliru, namun untuk tingkat usia sepertimu artikel ini sudah lebih dari kata "Cukup" lanjutkan Nak.. dan saya berharap kita bisa berbagi informasi tentang kelistrikan dan elektronika..
    kunjungi juga blog OM di http://andro-tech.blogspot.com/2012/05/listrik-bermanfaat-dan-berbahaya.html

    ReplyDelete
  2. Hehehe :D
    terimakasih informasi nya :)
    makasih telah berkunjung :))

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Meningkatkan Kinerja Ion Plasmacluster

Bener Gak Sih AC Buatan China Itu Gak Awet...?

Mau Beli AC Dengan Harga Murah Tapi Kualitas Top...?, Banyak!!